Lansia di Kota Tangerang Akan Segera Diberi Vaksin Covid-19 Booster Kedua

Kepala Dinas Kesehatan, dr Dini Anggraeni

Bantenaktual.com, Tangerang – Kementerian Kesehatan telah mengizinkan pemberian vaksin Covid-19 booster kedua atau vaksin dosis keempat, dengan sasaran kalangan lansia atau orang berusia 70 tahun keatas. Hal ini tertuang dalam Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/5565/2022 tentang Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster ke-2 Bagi Kelompok Lanjut Usia.

Merespon kebijakan ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) akan segera merealisasikan pemberian vaksin Covid-19 kepada para lansia di Kota Tangerang.

Kepala Dinas Kesehatan, Kota Tangerang, dr Dini Anggraeni mengungkapkan saat ini, Dinkes akan kembali menyiapkan atau menguatkan petugas kesehatannya. Namun, secara realisasinya pelaksanaan akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

Baca Juga :  Tumbuhkan Minat Baca, Pemkot Serang Luncurkan Aplikasi Pinjam Antar Buku

“Teknis di lapangan, untuk lansia pastinya akan kita lakukan dengan beberapa metode. Diantaranya, lansia dapat berkunjung ke Puskesmas untuk mendapat booster kedua tentu bagi mereka yang bugar untuk datang ke Puskesmas. Cara lain, ialah petugas akan melakukan secara door to door langsung ke rumah lansia,” ungkap dr Dini, Rabu (23/11/22).

Lanjutnya, secara pelaksanaan bisa juga dilakukan dengan dibukanya Gerai Vaksin tingkat RW. Langkah ini diambil untuk lingkungan yang memang didominasi lansia semua. Sehingga, dapat berlangsung lebih masif lagi.

Baca Juga :  Ratusan Petugas Kesehatan Diturunkan Dinkes Kota Tangerang Tangani Porprov VI Banten

“Tentu, teknis apa yang akan diambil, disesuaikan saja dengan kondisi dimasing-masing wilayah. Namun, semua puskesmas, RSUD dan seluruh Rumah Sakit di Kota Tangerang akan dikerahkan untuk memaksimalkan angka capaian booster kedua untuk lansia di Kota Tangerang,” papar dr Dini.

Ia pun menjelaskan, respon ini diambil secara cepat sebagai upaya mitigasi peningkatan kasus dan munculnya subvarian baru. Selain itu, untuk memberikan perlindungan tambahan terhadap kelompok rentan, untuk mengurangi tingkat keparahan, bahkan kematian akibat COVID-19.

Percepatan vaksinasi baik primer maupun booster, kata dr Dini perlu dilakukan mengingat pasien COVID-19 yang meninggal sebagian besar adalah masyarakat yang belum divaksinasi, lansia dan orang dengan penyakit penyerta.

Baca Juga :  PMI Kota Tangerang Siagakan 25 Relawan Selama Porprov VI Banten Berlangsung

“Dengan itu, kami mengajak masyarakat yang belum vaksinasi maupun yang belum melengkapi dosis primer juga booster terutama pada lansia agar segera melakukan vaksinasi. Lansia pun diimbau untuk bersiap booster kedua digerai vaksinasi yang disiapkan,” imbaunya.

Sebagai informasi, capaian vaksinasi Covid-19 kategori lansia saat ini 80.964 jiwa atau 77,2 persen, dosis dua 74.088 jiwa atau 70,6 persen dan dosis tiga 57.888 jiwa atau 55,2 persen. (Red)